Posts tagged Jibril

.:: CaPlok … ;p ::.


Kemaren ada “temen kantor” ngomong … “udah lama nih tin gak ngotak – ngatik blog” 😀

Lagi … ngasih study case nih ke siswa … ada waktu buat browsing (sigh*) …

Mampir ke blog “Mas Arie” ada bacaan yg menggelitik (dapat wacana baru nih :D) … caplok ah .. masukin ke blog – biar selalu inget 😉 (pamit dulu ke Mas Arienya)

Btw … atin pilih yg terakhir aja deh 😉

Dialog Imajiner dengan Jiwa ( Aladin New Version )

Seperti biasanya, sering kali dalam keseharian dijalanan baik diangkot, di KRL, dimobil, dimotor, malah kadang-kadang ditoilet, atau sebelum tidur diriku kerap kali bedialog secara imajiner dengan jiwaku sendiri. Dari mulai fenomena sosial yang terlihat dijalanan, isu-isu dan berita up to date tentang politik, ekonomi dan keumatan sampai tentang kehidupan diriku sendiri…kadang muncul inspirasi, ilham, tekad dan semangat, sampai kepiluan….malah ada juga khayalan….yach..sekedar kontemplasi kehidupan……
Nah, disuatu siang yang terik di Jakarta….ketika merenungi kehidupan ini…munculah dialog imajiner itu yang kira-kira begini….

Jiwa : Hmm…..kalau seandainya…Jibril datang padamu…lalu ia menawarkan pada dirimu 3 hal yang boleh kau minta didunia untuk kemudian dia sampaikan kepada ALLAH agar menjadi kenyataan , apa 3 permintaan didunia yang akan kau sebutkan……?

Diri :(sambil nyengir kuda membathin )..wah…nih kayak kisahnya Aladin aja…? Apa ya…….? 3 hal yang bisa kuminta didunia…….? Boleh gak minta tambahan permintaan lagi……?Abis …banyak nih yang aku mau minta dari kehidupan didunia ini….

Jiwa : Gak bisa……cuma 3 saja..kalau lebih dari itu..nanti gak mirip sama cerita Aladin….kamu harus buat skala prioritas yang benar…first thing first begitu kata Stephen Covey …..

Diri : (Gubrags!) Busyet…eh Masya Allah.. tau juga dia tentang Stephen Covey …? Gimana ya…..3 hal yang paling penting yang harus aku minta ….. didunia ini? Kalau di akhirat seh udah jelas…….. pengen syurga …… Pusing juga nih milihnya ……

Coba aku list dulu :
Aku mau Rumah yang nyaman … karir yang bagus …. harta yang … yah cukup aja deh .. cukup banyak maksudnya ….. badan yang sehat dan atletis ….. liburan keliling dunia ….. makan enak tiap hari …… mobil yang keren kayak Lightning Mc Queen (mirip keinginan anakku neh)……. handphone yang canggih .. laptop yang sophisticated, sekolah lagi ambil S3 …….. anak dan istri yang solehah / soleh, cerdas dan bermanfaat, punya sekolah dari TK sampe Perguruan tinggi, punya bisnis yang menggurita, punya lembaga Amal untuk anak yatim-piatu, anak terlantar, janda-janda miskin, punya tanah wakaf untuk masjid dan pesantren, punya perpusatakaan pribadi yang lengkap dari yang konvensional sampe yang digital, pengen …..

Jiwa : Stop ..! stop …! dasar Mupeng …….! Emangnya kamu Nobita yang ingin ini ingin itu bisa terwujud dengan kantong ajaibnya Doraemon …..? Aku sudah bilang cukup 3 aja supaya gak keluar dari alur ceritanya Aladin …… titik ….!

Diri : Ye …. jangan sewot gitu donk … khan aku cuma sedang me listing ke pengenanku ……. Okay … berikan aku barang beberapa menit ini untuk merangkainya menjadi 3 keinginaku yang paling dahsyat …..

Jiwa : Okeh ….. jangan lama-lama …..!

Lama aku tercenung dan termenung …. merangkai keinginan yang banyak didunia ini dari yang artifisial sampai yang substansial harus kusimpulkan menjadi hanya 3 keinginan saja …..

@$&*)(+)^…#$%@^!*&amp;amp;amp;amp;amp;*_+=~`;’’;’/?.><]{[=,

Diri : (dalam hati bergumam ….. ) Yes .. ! I got it …!
Hmm ….. baiklah ….. kini aku sudah mempunyai 3 kesimpulan akan keinginanku didunia ini, dengarkanlah baik-baik ……

Jiwa : Silakan …. aku akan menyimak dan mendengarkannya …….

Diri : (sambil mendesah …. seolah ada beban berat yang ingin diungkapkannya …..)
………..Bismillah………
Yang pertama, aku ingin setiap hari bersama anak dan istriku 24 Jam …… jangan dikurangi sedikitpun oleh kesibukan apapun …!
Aku leluasa pergi berlibur ke berbagai tempat terindah di dunia ini, menikmati keindahan yang telah ALLAH hamparkan bersama anak dan istriku, jalan-jalan kepasar, ke mal, ke gunung, kelaut, ke rumah sanak saudara dan kerabat, kerumah sahabat-sahabatku dan istriku, ke rumah sahabat ayah-ibu dan mertuaku, menghadiri ta’ziah, kerumah sakit, ke pemakaman, menghadapi hari-hari baik suka duka bersama anak dan istriku selalu dan selalu ……

Jiwa : weleh .. weleh ….. kapan kamu harus mencari nafkah ……?

Diri : Lha .. khan …. katanya permintaan …… jika mungkin aku maunya begitu …. urusan nafkah .. yach ….. urusan mu dan Jibril saja …. yang penting aku ingin setiap hari bersama anak dan istriku 24 Jam …… jangan dikurangi sedikitpun oleh kesibukan apapun …. titik ….! ( Gantian kini aku yang kelihatan sewot ……)

Jiwa : Okeh ….. kalau itu menjadi keinginanmu .. lalu yang berikutnya ….?

Diri : Hmm …. gitu donk … namanya juga keinginan, salah sendiri tadi khan nawarin keinginan apa didunia ini,…….sekarang yang kedua …. aku ingin diriku dan keluarga memiliki manfaat hidup kepada sesama ..

Jiwa : Wah …. gak clear .. terlalu abstrak … lebih jelas lagi donk …!

Diri : Ntar dulu donk .. belum juga selesai …. dah dipotong …… begini maksudnya ….. didunia ini khan kita sering jumpai orang-orang yang berkekurangan ….. baik kekurangan materi maupun rohani …. inginnya aku dan keluarga bisa memberi semampu kami atas apa yang kami bisa … manfaat …… bagi anak-anak yatim-piatu, bocah terlantar, orang – orang fakir miskin, masyarakat yang terkena bencana, mereka – mereka yang kurang beruntung secara pendidikan, pemuda-pemudi pengangguran, remaja-remaja yang ’tersesat’ hidupnya, manusia-manusia yang kerontang jiwanya, sampai bangsa dan negara yang porak-poranda kehidupan sosial , politik dan lain sebagainya …

Jiwa : Woi …. emangnya situ Superman …… he .. he … he … The World Doesn’t Need Superman …!

Diri : Eh ……. khan aku bilang semampu yang kami bisa ….. namanya juga usaha …..!

Jiwa : Okeh ……. next ….!

Diri : ……………………………………………

Jiwa : Next ……………….!

Diri : …………………………………………. Hmm ……. ini berat ….!
Aku ingin ………………
Hidup ini berakhir dengan
Khusnul Khatimah dan Syahid dijalan Nya ………………..
Sepertinya kedua hal tadi masih kalah pentingnya dengan keinginanku yang satu ini ……. tapi dua hal tadi mudah-mudahan dalam kerangka yang terakhir ini …………
Menghadap
ALLAH dengan cara yang baik (khusnul khatimah) adalah sesempurna kehidupan ……..
Karena kita tidak tahu bagaimana akhir dari drama hidup ini ….
Rahasia akhir hidup ini hanya
ALLAH yang tahu .. kapan .. dimana…dan bagaimana …..
Karena .. akhir ini menentukan segala yang pernah dan sudah dimulai dan dilalui ….
Segala sesuatu yang pernah dan sudah dimulai dan dilalui dengan baik jika diakhiri dengan sesuatu yang buruk adalah sebuah kesia-siaan ….. hanya kecerobohan yang dapat menyebabkan akhir yang buruk …..
Segala sesuatu yang pernah dan sudah dimulai dan lalui dengan baik saja masih mungkin berakhir dengan keburukan, apalagi kalau tidak pernah memulainya dengan yang baik-baik …? Aku ingin akhir yang baik dengan permulaan yang baik dan melaluinya juga dengan baik ….
Sebaik-baik akhir yang baik adalah Syahid di jalan
Nya …….
Karena dengan syahid … ada garansi kehidupan yang lebih baik … di syurga Nya
Aku dapat menebus rindu pada Nya dengan menatap ‘wajah’ ALLAH sepuas-puasnya .. bertemu dengan Nya …
Berjumpa dan dikumpulkan bersama orang-orang sholeh …. dari para anbiya wa mursalin ……. aku dapat memeluk dan mencium Rasulullah SAW….. sosok tercinta yang tak pernah kulihat wajah dan senyumnya ….. bercengkrama dengan khulafaurrasyidiin ……
Berkenalan dengan sahabat anshor dan muhajirin …… berkelana bersama salafush salih …… dari tabi’in dan tabiit tabiin ….. bertamasya dengan ulama-ulama dan pejuang-pejuang ummat …… bermanja-manja dengan bidadari syurga (bunda jangan cemburu dulu ya … karena bidadarinya adalah kamu …) dan …… bersendau gurau bersama orang-orang yang aku kasihi dan cintai , anak-anak dan istri, buyut , kakek-nenek, ayah-ibu .. kakak-kakak ….. adik-adik … sanak …. saudara … dan …. kerabat .. karena orang yang mati syahid kata Rasul dapat memberi syafaat kepada 70 anggota keluarganya ……… dan satu lagi ….. bernostalgia dengan para sahabat-sahabat kebaikan dikehidupan dunia ………

Itu saja …………….. !

Jiwa :Ya …ALLAH… kabulkanlah permohonan hambamu ini …………amiiiiiiiiiin

Dear All ….. andai kamu-kamu juga menjadi Aladinwan dan Aladinwati, yang ditanya tentang 3 hal yang kau inginkan di dunia ini …… apa kira-kira yang kau minta …? Ayo share bersama…….

.:: keren 😉 ::.

Comments (2) »