Amanah (versus) Tanggung Jawab ….

Bismillahirrahmannirrahim

Tulisan dari Mbak Ratna Wardani .. cukup mengingatkan saya dengan makna dari “Amanah & Tanggung Jawab” …

Berikut tulisan dari beliau ..

Lika Liku Studi S3 (cuplikan momen-momen Serius, Senang, Sedih)
by Ratna Wardani on Sunday, November 27, 2011 at 1:09am

Part #3 : “ my guru my inspiration ….”

Menuliskan kembali wejangan sang guru beberapa waktu lalu menjelang ujian terbuka (dengan gaya saya):

“esok .. setelah gerbang itu dibuka, engkau bukanlah sbg muridku lagi .. engkau akan berdiri sbg pribadi yang berbeda .. pribadi yg memiliki tanggung jawab yang lebih besar. tebarkan ilmu yg diperoleh untuk kemanfaatan orang-orang di sekitarmu. Gunakan ‘pedangmu’ scr bijaksana dalam menghadapi berbagai masalah yang menghadang…jadilah ‘petarung’ yang mandiri, yang berkembang dan berkarya di jalanmu dan dengan caramu … dan rasakan keindahannya ketika apapun yg kau lakukan dilandasi dg hati …”

Sang guru benar … sebentar lagi saya harus melangkah sebagai diri saya sendiri … menjadi pribadi yang kuat, mandiri dan menggunakan potensi yang saya miliki untuk bisa berkiprah di bidang saya, memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar saya … menjadi lilin yang terang, tidak menyilaukan, tetapi bisa memberikan cahaya yang mengusir kegelapan …”.

Begitu banyak nasehat, pelajaran dan contoh yang telah diberikan.  Saya belajar, mendengar, melihat, dan memahami apa yang diajarkan … mencoba melakukannya dan mulai menemukan rasa tentang apa yang  saya pelajari …. ternyata begitu indah ketika apapun yang kita lakukan dilandasi oleh hati … tidak ada yang berat, tidak ada yang menyulitkan dan tidak ada yang melelahkan ….

Saya telah belajar banyak hal dari sang guru ….
Bagaimana memiliki “rasa” dalam mengemban tugas,
bagaimana memberi ‘warna” dalam setiap  langkah,
menjadi seseorang yang tidak takut ‘keluar” dari batasan fikir,
dan selalu menggabungkan “hati dan fikiran” dalam mengerti dan memahami …

Sedikit demi sedikit saya berusaha untuk menerapkannya .. dari lingkup yang kecil .. yang saya bisa. Tidak mudah pada awalnya … tetapi  semua mesti dicoba dan diupayakan …
Saya menyadari, Tuhan telah menempatkan saya pada posisi sebagai guru diantara  para calon guru … yang menimbulkan suatu keinginan untuk bisa mengantarkan para calon guru itu menjadi seseorang yang punya karakter kuat, yang mampu menjadi penerang dan pencerah bagi anak-anak didiknya kelak … #salah satu impian saya

Saya hanya ingin bisa meneruskan ajaran  guru saya kepada murid-murid saya ….
Saya ingin, apa yang saya alami, apa yang saya rasakan, apa yang saya dapatkan  selama saya menempuh studi juga bisa dirasakan oleh mereka …

Yang saya fikirkan adalah bagaimana menjaga konsistensi dan kesadaran untuk tetap membuka cakrawala pemikiran dan hati .. kunci yang akan mengarahkan saya untuk melangkah menuju ke sana …

Saya yakin akan banyak godaan dan tantangan … tapi bukankah demikianlah hidup …..
Saya belajar dan berusaha untuk selalu optimis .. memandang positif ke depan dan menjadikan fragmen-fragmen masa lalu sebagai sebuah pembelajaran untuk bisa menapak dengan mantap ke depan … menghilangkan ketakutan-ketakutan yang hanya akan menenggelamkan potensi yang kita miliki …

Hari ini, melalui catatan ini …. saya ingin berterima kasih kepada sang guru, karena saya mendapat  pencerahan selama saya menjalani studi saya … terima kasih atas peran yang luar biasa sehingga saya bisa sampai pada pencapaian ini …..

Salah satu pelajaran apa yang bisa saya sarikan terkait peran dan kiprah saya sebagai guru ……. :
“ Jadilah pribadi yang mampu menginspirasi orang-orang di sekitarmu untuk menjadi lebih baik, untuk berusaha melakukan yang terbaik meraih capaiannya, yang membangkitkan kesadaran bahwa apa yang kita miliki tidak punya arti apa-apa jika tidak dapat memberi manfaat bagi orang lain …”

Ini menjadi  motivasi bagi saya untuk bisa menerapkannya pada diri sendiri …. dan InsyaAllah bagi para mahasiswa saya … semoga Sang Maha Penguasa Ilmu senantiasa menuntun dan membimbing saya ….

dedicated to :
Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.
Dr. Ahmad Ashari, M. Kom.
Dr. Risanuri Hidayat, M.Sc.
(Alm) Prof. F. Soesianto, B.Sc.E., Ph.D.

Terima kasih Mbak …

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS : Ar-Rahmaan : 13)

4 Responses so far »

  1. 1

    Ratna Wardani said,

    terima kasih m. Atin…telah men-sharenya…semoga bermanfaat….

  2. 3

    sunarno2010 said,

    subhanallah, indahnya wejangan ini

  3. 4

    subhanallah, wejangan sekaligus teguran yang menginspirasi saya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment